MANFAAT SOTONG

Manfaat Sotong
=================





Sotong memiliki kasiat yang bisa di obat seperti Obat Titan Gel dan mempunyai nama lain “Ikan Nus” atau “Cuttlefish”. Ia tergolong satwa berjaringan lunak (moluska) yang hidup di perairan laut, muara, sungai, bahkan danau. Ikan Nus memiliki kemampuan adaptasi dengan berbagai jenis air, dari tawar, payau, maupun asin. Ia sering pula dijuluki sebagai ikan pengelana, karena suka sekali berenang di permukaan maupun kedalaman laut hingga ribuan meter.

Orang awam sering bingung membedakan Sotong dengan Cumi-Cumi, padahal keduanya memiliki perbedaan menonjol di fisiknya. Yaitu si Ikan Sotong ini ternyata bentuknya lebih pipih atau tipis daripada Cumi-Cumi. Namun soal rasa, tidak terlalu banyak perbedaan.

Manfaat Sotong, Khasiat Tulang Sotong, Kandungan Gizi Tinta Sotong



Pemanfaatan Sotong ada banyak sekali. Namun umumnya digunakan sebagai bahan makanan laut (seafood). Meskipun konon kandungan kolesterolnya tinggi. Sehingga anda tidak boleh terlalu banyak memakannya.

Daripada penasaran soal bagaimana duduk perkara gizi dan nutrisi kesehatan dari Cuttlefish alias Sotong ini. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Manfaat Sotong untuk Membuat Hidroksiapatit

Adalah UNAIR (Universitas Airlangga) di Surabaya yang telah berhasil melakukan inovasi Hidroksiapatit. Apa itu? Ini adalah teknologi pen untuk tulang patah. Selama ini kita mengenal pen sebagai bahan pengganti (penyambung) tulang patah yang terbuat dari titanium. Nah, ternyata pen alami bisa bisa dibuat dengan ekstrak tulang Sotong.

2. Berapa Lama Ketahanan Pen Alami Hidroksiapatit?

Oleh karena terbuat dari bahan alami berupa tulang Sotong yang diproses selama kurang lebih 4-6 bulan. Maka ketahanan pen ini cukup banyak, mencapai 5 tahun. Tentu saja ini lebih sedikit daripada ketahanan pen titanium yang bisa puluhan tahun bahkan seumur hidup.

3. Apakah Aman Penggunaan Pen Hidroksiapatit?

Tentu saja aman sekali. Mekanismenya hampir sama dengan saat anda menambal gigi. Sebagus apapun bahan tambalan gigi akan memiliki kekurangan juga, misalnya harus diganti tiap 5-10 tahun sekali.

Sama saja dengan pen tulang Cuttlefish ini. Harus diganti pada masa purnanya. Namun tenang saja, harganya murah kok hanya 5-6 juta saja. Dan UNAIR terus mencoba melakukan pengembangan riset teknologi ini.

4. Manfaat Sotong untuk Diet Kalori

Jika anda sedang mencari makanan yang bisa membuat kenyang, namun tidak membuat gemuk. Jawabannya adalah Sotong. Sebab, ikan Nus ini kaya dengan protein, namun kalorinya rendah. Sehingga cocok untuk diet ketat anda.

5. Meningkatkan Berat Badan

Meski kadar kalorinya rendah, namun lemaknya tinggi. Untuk anda yang memiliki tubuh kurus disarankan makan Sotong 3-4 kali seminggu. Namun sebaiknya dengan dosis sehari sekali saja. Karena kalau kebanyakan takut terkena kolesterol.

6. Mencegah Kanker

Manfaat Sotong juga ternyata bisa mencegah kanker. Sama dengan Cumi, Cuttlefish ini memiliki tinta yang kaya dengan asam amino essensial dan zat besi. Sehingga bagus untuk pertumbuhan sel-sel anda. Apabila muncul sel ganas tumor atau kanker pada tubuh, maka bakal segera diluruhkan oleh Tinta ini.

7. Meringankan Radang

Radang merupakan pembengkakan jaringan tubuh karena sebab alergi maupun reaksi kimiawi lainnya. Radang menimbulkan nyeri dan pembengkakan. Pada kondisi parahnya bisa membuat demam. Untuk meringankan radang anda, sebaiknya anda mengambil 2-3 ekor Sotong untuk disantap bersama nasi hangat.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak memiliki fungsi yang banyak, namun secara garis besar ada 3 fungsi otak, yaitu: motorik (terkait pergerakan tubuh), sensorik (terkait penginderaan), dan afektif (terkait perasaan suasana hati). Untuk membuat 3 fungsi itu berjalan normal, sebaiknya anda memakan olahan Sotong.

9. Membuat Nafsu Makan Meningkat

Nafsu Makan seseorang terkadang down dan susah sekali buat ditumbuhkan lagi. Biasanya karena faktor stress dan kebiasaan. Nafsu makan yang terus menerus buruk akan membuat tubuh jadi sakit. Untuk mengatasi masalah ini, Sotong mampu melakukannya ternyata.

10. Memperbaiki Sistem Imun

Imun adalah sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Imunitas ini juga terkait dengan ketahanan tubuh, kekuatan fisik, maupun bagaimana tubuh mengatasi problem kesehatannya sendiri secara mandiri. Imun bisa rusak karena banyak faktor. Untuk memperbaikinya, sebaiknya anda segera konsumsi Sotong.

Komentar